SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Peran seorang Sosiologi

Sebetulnya dimana dan sebagai apa seorang sosiologi bakal berkiprah tidak mungkin bisa dibatasi dalam sebutan administrasi okupasi resmi yang diklasifikasikan pemerintah BPS. Namun demikian diberbagai negara muncul pengakuan yang kuat terhadap sumbangan dan peran sosiologi diberbagai bidang kehidupan. Dewasa ini beberapa profesi yang umunya diisi oleh para soiologi. Menurut Horton Dan Hunt (1987).

Sebagai riset, baik itu riset ilmiah untuk kepentingan pengemnagan keilmuan atau riset yang diperlukan. Bisa juga sebagai konsultan, khususnya ikut membantu unuk memperkirakan pengaruh dari kebijaksanaan sosial tertentu.
Sebagai teknisi atau yang populer disebuat sosiologi klinis, yakni ikut terlibat di dalam kegiatan perencanaan pelaksanan program kegiatan masyarakat.
Sebagai  guru atau pendidik yang terlbat dalam kegiatan belajar mengajar dan sebagai pekerja sosial (Sosial worker)

Diluar berbagai profesi yang telah disebutkan diatas, masih adakah fungsi yang lain yang diisi oleh para sosiologi? Jawabanya adalah masih, dan bahkan dibilang masih snagat banyak. Banyak bukti menunjukan, bahwa dengan kepekaan dan semangat kailmuannya yang sellau berusaha membangkitkan sikap kritis, para sosiologi ternyata juga bisa berkarr cemerlang di berbagai bidang pekerjaaan yang banyak menurut kreativitas. Dunia Jurnalistik, misalnya adalah salah satu bidang yang banyak diminati dan mengangkat reputasi para sosiologi karena laporan maupun tulisannya yang "menggigit"

Dijajaran birkrasi para sosiolog acapkali juga berpeluang menonjol karirnya karena kelebihannya dalam wawasan dan visinya atas nasib rakyat terutama rakyat kecil yang rentan dan miskin. Diberbagai perusahaan atau sektor industri yang memiliki pusat penelitian dan pengembangan (litbang), sumbangan para sosiologi juga akan dibutuhkan karena salah satu kelebihan sosiologi adalah kekeuatannya dibidang penelitian.   Dan Masih banyak profesi Untuk seorang sosiologi


Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Selasa, Desember 23, 2014
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Oldest

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media