SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Jenis Jenis Diskusi Kelompok

Jenis diskusi kelompok banyak sekali , misalnya: Diskusi panel, Simpoium, Seminar, Komperensi. Akan tetapi , saya hanya akan membahasa empat jenis saja, yaitu diskusi panel, seminar, symposium dan konferensi mengingat keempat jenis ini yang popular di Indonesia.
Jenis Diskusi Kelompok

Berikut ini adalah penjelasannya masing-masing.
1. Diskusi Panel
Dikusi panel ini merupakan yang terdiri atas bebrapa orang paneli yang dipimpin oleh seorang pemandu. Tujuan dari diskusi ini untuk menyampaikan informasi dan pendapat-pendapat.

2 .Simposium
Simposium merupakan jenis diskui kelompok yang hamper sama dengan panel. Perbedaannya terletak pada keresmian pidato yang disampaikan dalam symposium. Pidato symposium cenderung lebih resmi dari pada panel.

Simposium biasanya bertujuan untuk menampung pendapat . Jadi, dalam simposium , masalah yang sedang didiskusikan tidak harus dijawab dengan keputusan ya atau tidak. Keputusan yang dimaksudkan itu biasanya berupa beberapa alternatife.

3. Seminar
Seminar meruakan jenis diskusi kelompok yang diikuti oleh para ahli dan dipimpin oleh pemandu untuk mencari pedoman dan penyelesaian masalah tertentu. Secara etimologi kata “seminar “ berarti ‘tempat benih-benih kebijakan disemaikan’.

Hasil pemikiran atau hasil penelitian yang akan disampaikan oleh pembicara atau penyanggah ytama dalam eminar, sebaiknya ditulis dalam bentuk kertas kerja atau makalah.

3. Konferensi
Konferensi adalah pertemuan antara beberapa perwakilan kelompok atau organisasi untuk merundingkan masalah tertentu. Dalam konferensi terjadi aling tukar informasi dari kelompok yang satu kepada kellompok yang lain. Mereka bersama-sama memecahkan suatu masalah sehingga suatu kesepakatan yang dapat diterima sesuai dengan prosedur yang berlaku. Wasalam (www.irwanteasosial.com)..****


Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Senin, Maret 16, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media