SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Kemiskinan Struktural


Kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang diderita oleh suatu golongan masyarakat, karena struktur social masyarakat itu tidak
Kemiskinan Struktural
dapat ikut menggunakan sumber-sumber pendapatan yang sebenarnya tersedia bagi mereka.


Secara teoritis , kemiskinan ini dapat diartikan sebagai suasana kemiskinan yang dialami  oleh suatu masyarakat yang penyebab utamanya bersumber, dan oleh karena itu dapat dicari pada struktur social yang berlaku adalah sedemikian rupa ke adaannya sehingga mereka yang termasuk ke dalam golongan miskin tampak tidak berdaya untuk mengubah nasibnya dan tidak mampu memperbaiki hidupnya.

Kemiskinan struktural ini biasanya terjadi di dalam suatu masyarakat di mana terdapat perbedaan yang tajam antara mereka yang hidup melarat dengan mereka yang hidup dalam kemewahan dan kaya raya.

Golongan yang menderita kemiskinan struktural itu, misalnya para petani yang tidak memiliki tanah sendiri, atau kaum mirgan di kota yang bekerja di sector informal dengan hasil tidak menentu  sehingga pendapatannya tidak mencukupi  untuk memberi makan kepada dirinya sendiri dan keluarganya.

Termasuk golongan miskin lain adalah kaum buruh, pedagang kaki lima, penghuni pemukiman kumuh, pedagang asongan, dan lain-lain yang tidak terpelajar dan tidak terlatih , atau dengan kata lain disebut unskilled Labour
Golongan miskin ini meliputi juga para pengusaha tanpa modal dan tanpa pasilitas dari pemerintah yang sekarang mungkin dinamakan dengan sebutan  golongan ekonomi yang lemah.

Ciri lain dari kemiskinan struktural ini adalah timbulnya ketergantungan yang kuat pihak si miskin  terhadap kelas social ekonomi diatasnya. Wasalam (www.irwanteasosial.blogspot.com)



Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Sabtu, Maret 07, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

2 comments:

  1. Hmmm materi yang bagus gan, izin serap ilmu gan

    BalasHapus
  2. wah bagus sekali sangat mendidik materi ini. Terima Kasih atas pengetahuannya ya sangat membantu:)

    BalasHapus

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media