SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Zaman pra-Yunani Kuno

Zaman pra-Yunani Kuno
Dalam masa lebih dari dua ratus tahun , yakni abad ke-8 samapai abad ke-6 sM, kehidupan masyarakat Yunani berlangsung di bawah pengaruh kehadiran dan kekuatan mitos-mitos serta mitologi. Persoalaan hidup dan kehidupan keseharian dipecahkan berdasarkan keterangan mistis dan mitologi.

Menurut Mustansyir dan Munir zaman ini memiliki ciri-ciri: Pertama , pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari didasarkan pada pengalaman , kedua engetahuan itu diterima sebagai fakta dengan sikap selalu menghubungkan dengan kekuatan magis. Ketiga , kemampuan menemukan abjad dan sistem bilangan alam sudah menampakan perkembangan pemikiran manusia ke tingkat abstraksi. Keempat kemampuan meramalkan suatu peristiwa ata dasar peristiwa-peristiwa  sebelumnya  yang pernah tetjdai , misalnya gerhana bulan dan matahari.

Pada abad ke -7 SM, di Yunani muncul kebudayaan baru yang disebut polis. Polis berarti Negara-negara kota secara administrative dan kontitusional mempunyai otonomi dan bia mengatur kehidupan warganya sendiri.

Hal terpenting dari polis ini adalah keterbukaan warganya untuk menerima unsur-unsur baru dari luar. Olehnya itu, mulai tercipta kesempatan berdiskusi di pusat poli yang diebut agora. Kondisi ini menjadikan mitologi-mitologi tradisional mulai hilang kewibawaannya.

Mempelajari peristiwa alam, masyarakat mulai muncul keingintahuannya. Mulai mencari apa yang ada di balik fenomena . Wasalam (www.irwanteasosial.com).*** 

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Minggu, Maret 15, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media