SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Elemen Dasar Proses & Struktur Ekonomi

Struktur pranata ekonomi pada dasarnya bervariasi dalam berbagai masyarakat bisa sederhana, 

bisa juga sulit tergantung kepada elemen dasar proses ekonomi yang ada dan kator-faktor yang menentukan struktur pranata ekonomi.

Secara Garis besar , ada beberapa faktor yang menentukan struktur pranata ekonomi yaitu :

1. Gathering atau pengumpulan adalah proses pengumpulan barang atau sumber daya alam dari lingkungannya. Berapa banyak yang dikumpulkan merupakan pencerminan dari tingkat teknologi, tingkat modal, sifat tenaga kerja, dan kemampuan masyarakat mengorganisasi elemen-elemen tersebut.

2. Production atau produksi adalah proses mengubah sumber daya alam menjadi barang-barang atau komoditi tertentu sehingga dapat digunakan oleh subsistem lainnya.

3. Distributing atau distribusi adalah proses pembagian barang dan komoditi pada subsistem-subsistem lainnya.

4.Servicing  atau jasa adalah organisasi dari elemen-elemen ekonomi yang tidak tercakap dalam proses produksi, tetapi diperlukan untuk menunjang proses ekonomi lainnya. Misalnya, bank.

Sementara yang dimaksud elemen dasar proses ekonomi yang mmepengaruhi variasi pranata ekonomi, yaitu :

Tanah. Tanah merupakan indicator untuk menentukan besarnya produksi dan pendapatan yang bakal diperoleh pemilik atau pengelola tanah itu.

Tenaga Kerja. Adalah elemen-elemen proses ekonomi yang mempunayi peranan dalam proses produksi. Menurut kay (1981), tenaga kerja terdiri dari dua unsur yaitu : jumlah dan kualitas.

Modal. Dalam pengertian ekonomi modal adalah barang atau uang yang bersama-sama elemen proses ekonomi lain terutama tanah dan tenaga kerja menghasilkan barang-barang baru.

Teknologi. Secara umum yang dimaksud teknologi ialah pengetahuan tentang dunia dan lingkungan yang ada dalam kebudayaan suatu masyarakat.

Kewiraswastaan . Adalah struktur dan proses dalam masyarakat yang meningkatkan organisasi dan integrasi elemen-elemen dasar proses ekonomi.

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Sabtu, April 18, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media