SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Anak Jalanan

Anak jalanan merupakan menjadi masalah sosial di Negara-negara berkembang seperti di Indonesia sendiri. Telah banyak kita saksikan keberadaan anak jalanan di sekitar perempatan lampu merah, di bus-bus kota, di depan emperan pertokoan, kolong jembatan. Hal ini merupakan menjadi masalah sosial bangsa yang harus diselesaikan. Paling tidak ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya anak jalanan adalah sebabagi berikut.

a. Faktor Kemiskinan
 Secara singkat kemiskinan dapat didefinisikan sebagai suatu standar tingkat hidup rendah, yaitu adanya suatu tingkat kekurangan materi pada sejumlah atau golongan orang dibandingkan dengan standar kehidupan yang umum berlaku dalam masyarakat bersangkutan.  Standar kehidupan yang rendah ini secara langsung tampak pengaruhnya terhadap tngkat keadaan  kesehatan, kehiduan moral, dan rasa harga diri dar mereka yang tergolong sebagai orang miskin. 

Masalah kemiskinan ini merupakan salah satu hal pemicu ( to come) munculnya anak jalanan. Anak yang seharusnya mendapatkan penghidupan maupun pendidikan yang layak di masa kanak-kanak, ternyata harus memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya. Tidak sedikit orang tua yang memperkerjakan anak-anaknya yang dibawah umur untuk mencari uang bagi kehidupan keluarganya.
Faktor kemiskinan ini merupakan factor yang kuat sebagai salah satu penyebab munculnya anak jalanan . Tingkat ekonomi keluarga yang sangat rendah sehingga mereka tidak dapat mencukupi kehidupannya terpaksa anak-anak mereka menjadi koraban, untuk menjadi anak jalanan untuk mencari kebutuhan ekonomi keluarganya.

Irwanto, meneyebutkan bahwa kemiskinan merupakan faktor mendasar (underlying factor) munculnya pekerja anak. Sedang Bellany mengatakan bahwa kekuatan yang paling kuat sekali mendorong anak-anak kedalam lingkungan pekerjaan yang menyebabkan dan melemahkan adalah eksploitasi dari kemiskinan. Pada bagian lain ILO dan Unicef (1994) menyebutkan bahwa kemiskinan merupakan akar permasalahan terdalam, dan factor utama anak-anak terjun kedunia kerja. Bencana alam buta huruf, ketidak berdayaan, kurangnya pilihan untuk bertahan hidup, yang lebih lanjut membuat buruk keadaan yang dihadapi keluarga, dan orang tua miskin merasa terpaksa meletakan anaknnya didunia kerja. 

 Di Indonesia kemiskinan pun menjadi penyebab utama anak-anak bekerja. Orang tua membutuhkan tenaga anak-anaknya untuk membantu meningkatkan pendapatan rumah tangga. Asra mengemukakan bahwa 35% orang tua akan mengalami penerunan pendapatan rumah tangganya jika anak mereka bekerja. Sedangkan Imawan dkk menemukan bahwa 23,5% pendapatan anak yang bekerja diberikan untuk orang tuanya. Hal ini disebabkan karena anak-anak justru memnutuhkan pekerjaan, karena keadaan ekonomi keluarganya yang miskin. 

Angka kemiskinan begitu tinggi menjadi pemicu munculnya anak-anak jalanan kemiskinan yang dialami oleh masyarakat menjadi mata rantai munculnya anak jalanan yang harus bekerja mencari kebutuhan ekonomi keluarganya di jalan dalam hal ini membiarkan anak untuk dipekerjakan berarti menjerumuskan ke dalam lubang kemiskinan.

b.Disfungsi Keluarga
 Selama factor kemiskinan sebagai penyebab munculnya anak jalanan. Ketdakberfungsian keluarga merupakan salah satu hal pemicu anak jalanan. Keluarga yang dianggap menjadi tempat yang nyaman menjadi suatu hal yang tidak nyamana bagi anak. Sering terjadi kekerasan dalam suatu keluarga ini yang menyebabka anak terjun ke jalanan. Keluarga Broken Home situasi keluarga yang dipenuhi dengan kekerasan-kekkerasan, konflik antar orang tua, anak dengan orang tua, kakak dengan adik yang menyebabkan ketidaknyamanan dalam keluarga, penceraian orang tua, sehingga anak harus dititipkan  oleh keluarga maupun orang lain, hal ini menjadi pemicu munculnya anak jalanan. Karena tidak berjalannya fungsi keluarga menyebabkan tidak adanya  rasa aman dan nyaman sehingga anak banyak yang turun kejalan untuk menjadi jalanan. Dan masih banayk faktor yang lainnya sehingga anak tersebut menjadi anak jalanana. Wasalam (www.irwanteasosial.com).****

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Minggu, April 19, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media