SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Proses Terjadinya Perubahan Sosial

Terjadinya proses perubahan sosial dapat diketahui karena  memiliki  berbagai kecenderungan antara lain :
Menurut A.M.M  Hoogveli, disebabkan tidak ada masyarakat  yang stagnant( tidak berproses ), karena setiap masyarakat cenderung atau mengalami perubahan-perubahan yang dapat terjadi secara lambat atau cepat.

Menurut W, Moore, perubahan-perubahan yang terjad pada lembaga sosial tertentu cendeung mengikuti pada lembaga sosial tadi bersifat  interdependen , sehingga sulit sekali untuk mengalosikan  perubahan pada lembaga-lembag sosial tertentu, proses yang dimulai  dan proses-proses selanjutnya tidak jarang merupakan suatu mata rantai.

Perubahan-perubahan sosial  yang cepat biasanya mengakibatkan terjadinya disorganisasi yang sementara sifatnya dalam proses  penyesuaian diri. Disorganisasri terebut biasanya akan diikuti oleh  suatu organisasi yang mencakup pemantapan norma-norma adan nilai-nilai  baru sehingga melembaga.

Menurut A.Inkeles , perubahan-perubahan sosial  sulit untuk dapat disosialisasi pada bidang kebendaharaan atau bidang spiritual saja. Karena kedua bidang tersebut memiliki kaitan timabl balik  yang sangat kuat.
Evolusi Sosial
 Peroses perubahan evolusi  sosial (social evolution) merupakan perkembangan gradual yang adanya kerja sama yang harmonis antara manusia dengan  lingkungannya , dan dikenal bentuk-bentuk evolusi berikut :
  1.  Evolusi kosmis adalah taraf  evolusi dalam bentuk pertumbuhan , perkembangan atau kemunduran hidup manusia.
  2. Evolusi Oerganis (organic evolution) adalah evolusi yang  ditemukan dalam bentuk survival of the fittest, yaitu  perjuangan manusia untuk mempertahankan hidupnya
  3. Evolusi Mental adalah evolusi sebagaia kibat adanya perubahan teknologi terhadap kelomok-kelomok  soail sendiri dengan akibat yang semakin kompleks  dan kebudayaan sebagai contoh akibat  adanya gedung-gedung  bertingkat dengan  menggunakan teknologi aristektur dan kemajuan  teknik lainnya.

Mobilitas Sosial
Peroses perubahn soaial melalui mobilitas sosial (social mobility)  ialah keinginan akan perubahan yang diorganisasi sebab dari gerak sosial  ini ialah  penyesuaian diri dengan keadaan (ekologi) karena diorong  oleh keinginan  manusia akan hidup dalam keadaan yang lebih baik, serta  pemmanfaatan dari penemuan-penemuan baru.

  Mobilitas sosial dibagi menjadi dua bagian yaitu mobilitas yang mendatar dan vertical merupakan pergerakan  yang sederhana dalam suatu ruang. Mobilitas tersebut  dapat berlangsung hanya dalam masyarakat  yang meiliki kelas-kelas terbuka,  yaitu dalam suatu masyarakat didalamnya seseorang , dapat memasuki kelas  yang beraliann dari kelas keluarganya sendiri.  Contohnya pendidikan, kekayaan  dan lain sebagainya. Sedangkan mobilitas Horizontal ialah suatu peralihan  individu  atau kelompok objek sosial lainnya dari suatu kelompok sosial yang  satu ke  kelompok sosial lainnya yang sederajat.  Contohnya perpindahan penduduk (urbanisasi dan tranmigrasi ) , peralihan  pekerjaan  yang sederajat dan lain sebagainya.

Revolusi Sosial

 Peroses perubahan sosial melalui revolusi  sosia ( social revolution ) pada  umumnya revolusi ditandai oleh adanya ketidak puasan dari golongan  tertentu,  dan baiasanya didahului oleh tersebarnya suatu ide baru

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Selasa, April 14, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media