SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Arti Kata Takjil Istilah di Bulan Puasa

 Apa Itu Takjil Istilah di Bulan Puasa. Banyak orang awam yang masih belum paham atau belum mengetahui apa itu Takjil,dan banyak juga yang salah kaprah menanggapi apa itu Takjil.

Kata takjil Sendiri mulai ramai terdengar menjelang dan selama bulan puasa ber langsung, menjadi berita seputar ramadhan di semua media, entah itu elektronik, cetak maupun online. Hingga menjadi trending topic twitter di indonesia tiap menjelang sore hari. Lalu apakah takjil itu sendiri?.


Apa itu takjil?

Takjil adalah sebuah kata serapan dari bahasa arab yang sudah berubah artinya dari arti semula. Meski lafalnya masih tetap sama dengan aslinya dengan sedikit penyesuaian tapi sayangnya dari segi makna telah terjadi pergeseran (perubahan) dari makna aslinya.untuk lebih jelasnya simak penggunaan kata takjil dalam 2 bahasa berikut ini.

Takjil menurut bahasa indonesia

Karena semua media pemberitaan selalu menyebut makanan untuk berbuka adalah Takjil, maka seolah-olah kita semua sepakat menyebut bahwa Takjil adalah hidangan atau panganan untuk berbuka puasa.

Di dunia maya pun bisa ditemukan berbagai judul berita dari media online tentang takjil yang merujuk kepada makanan berbuka puasa, Bahkan situs sekelas wikipedia pun sama mengartikan takjil sebagai hidangan berbuka puasa lihat arti takjil menurut wikipedia. Karena kata takjil ini mengadopsi dari bahasa arab lalu pertanyaannya adalah apa betul demikian makna takjil dalam bahasa arab?

Takjil menurut bahasa arab

Makna takjil menurut ilmu bahasa arab ialah “penyegeraan, bersegera, percepatan”, sebuah kata dasar dari ajjala, yu’ajjilu artinya menyegerakan, mempercepat.

Ta’jilul fitri = menyegerakan berbuka (puasa). Terlihat disini bahwa makna takjil tidak ada hubungannya sama sekali dengan makanan. Setelah kita mengetahui kedua perbedaan definisi tersebut ada baiknya menyimak hadis nabi berikut ini.
Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR. Bukhari dan Muslim).
 Jadi, penulisan aslinya adalah ta'jil, pake koma, lalu diadopsi ke dalam bahasa Indonesia dan dibakukan menjadi takjil.

Jangan artikan takjil sebagai makanan-minuman untuk berbuka karena takjil itu kata kerja (verb), yakni bersegera dalam berbuka puasa.

Penulisan yang benar tajil apa takjil? Penulisan yang bakunya sih takjil. Kata ini ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):  takjil /tak·jil/ v Isl mempercepat (dl berbuka puasa). Wasalam (www.irwanteasosial.com).****

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Jumat, Juni 19, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media