SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Tips Menjadi Pembawa Acara Atau MC yang Baik

Seorang pembawa acara (MC) hendaknya dipilih dengan mempertimbangkan bebrapa hal. Tidak benar jika pembawa acara bisa dilakukan setiap orang tanpa pertimbangan tertentu. Anggapan demikian itu sekurang-kurangnya memberikan kesan kurang profesional.

Dalam kata lain disebutkan bahwa seorang pembawa acara suatu kegiatan yang tampil acak, atau tanpa persiapan dan pertimbangan jelas akan memberikan kesan pembawa acara yang amatiran. Apalagi jika bertindak selaku pembawa acara resmi, semacam : seminar, pesta resepsi pernikahan, dan lain-lain.

Menjadi seorang MC atau pemandu acara sekilas kelihatan mudah, tapi bagi para pelaku tidak semudah yang kita kira. Mereka bisa seperti itu, telah melalui berbagai macam proses berlatih yang bisa dibilang sihhh tidak mudah.

Sebelumnya saya juga telah memposting  bahwa menjadi seorang MC bukanlah hal yang sulit, intinya kalau  Anda ingin menjadi MC atau pembicara, pertama, harus mempunyai niat,motivasi, kemauan.

Lalu bagaimana Supaya Kita Menjadi Pembawa Acara atau MC yang baik?

Untuk Anda yang pemula yang ingin menjadi pembawa acara atau mc yang baik perlu diperhatikan bebrapa hal dibawah ini.

1. Penampilan  (Performance)
Dengan penampilan yang menarik, penonton atau pendengar tidak cepat merasa bosan. Penampilan Menarik, dibentuk oleh cara berpakian, cara bicara, penguasaan acara dan lain sebgainya.

Seorang pembawa ACARA atau MC  ketika tampil harus dapat menampilkan pesonanya atau daya tariknya yang memukau. Oleh karena itu seorang pembawa acara harus selalu berusaha  memukau atau mempesona.
2. Sikap
Sikap pembawa acara hendaknya mampu menjadi penghubung antara kepentingan penonton dan pelaku kegiatan yang ditampilkannya .

Tanpa dibekali kepandaian dalam memerankan kepintaran berbahasa, seorang pembawa acara tidak akan berhasil mengantarkan sebuah acara yang baik, bahkan sering menimbulkan kejengkelan pemirsanya (audiens). Dan seorang MC harus memiliki pembendaharaan kata yang luas.

3. Bahasa dan Teknik Berbicara
Tanpa dibekali kepandaian dalam memerankan kepintaran berbahasa, seorang pembawa acara tidak akan berhasil mengantarkan sebuah acara yang baik, bahkan sering menimbulkan kejengkelan pemirsanya (audiens). Dan seorang MC harus memiliki pembendaharaan kata yang luas.

Yang harus diperhatikan untuk menghasilkan cara berbicara yang lebih professional dalam membawakan acara antara lain :

  •  Intonasi       : Sebaiknya suara tidak datar, tetapi mengandung irama atau berirama.
  • Artikulasi     : Setiap kata yang diucapkan haruslah jelas benar, sehingga mudah dimengerti atau dipahami.
  • Phrasing      : Dalam berbicara sebaiknya memberikan jeda agar dapat dimengerti.
  • Stressing      : Memberikan energi dalam suara, agar tidak menimbulkan kesan loyo.
  • Infleksi        : Lagu kalimat, perubahan nada suara, hindari pengucapan yang sama bagian setiap kata (redundancy).
4. Wawasan (Ilmu Pengetahuan).
  Selain yang tiga disebutkan diatas, seorang MC pun dituntut harus memiliki wawasan yang luas. Kenapa demikian ? Karean pembawa acara yang tidak memiliki wawasan yang luas akan terkesan bodoh alias Bloon, ragu, dlln. Mangkannya kalau Anda tidak ingin terlihat bloon dihadapan Audiens harus rajin membaca dan mengikuti informasi yang sedang trend dimasyarakat,  Misalnya Kita perlu tahu serba sedikit tentang sepakbola, dunia catwalk, obat-obatan, dan lain-lain agar kita sanggup memberi komentar yang pas terhadap apa yang ada di hadapan audience.

Mungkin empat poin tadi bisa  menghantarkan Anda menjadi pembawa Acara yang baik. Tapi Ingat saran saya sekali lagi. Untuk menjadi MC yang baik memang membutuhkan waktu untuk belajar dan berlatih. Wasalam (www.irwanteasosial.com).





Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Selasa, Agustus 25, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media