Hampir Hari kita mengakses internet dan kita disuguhi iklan online. Bahkan iklan bisa tiba-tiba muncul menutup penuh layar komputer/hp ketika kita lagi asik baca berita di situs favorit kita. Iklannya bisa terkesan mengganggu banget, tapi kadang-kadang ada juga yang memang sesuai dengan topik atau hal yang sedang kita cari.
Dari model bisnisnya, periklanan online bisa dibagi 3 macam yaitu Pay per Click, Pay per View, & Pay per lead. Apa maksudnya? yukk kita bahas satu persatu.
Pay Per View
Iklan ini dibayar berdasarkan jumlah view. Misalnya di website A yg melayani 1000 tampilan halaman web per hari, maka pengiklan akan membayar sebanyak jumlah view tersebut.
Pay pe Clik
Iklan ini akan dibayar setiap kali ada klik pada iklan yg ditayangkan. Jadi view saja tidak dihitung tapi yg lebih penting adalah jumlah klik yang kira-kira menunjukkan jumlah pengunjung yg berminat.
Pay per Lead
Model bisnis iklan pay per lead kira-kira bisa dianalogikan seperti MLM yg membayarkan komisi setiap kali ada penjualan. Dalam hal ini, iklan dibayar berdasarkan jumlah transaksi yg selesai. Misalnya seorang blogger merekomendasikan buku di amazon.com maka dia mendapat komisi per jumlah buki yg terjual melalui rekomendasinya. Sederhananya, tanpa transaksi tidak ada komisi.
Selain ketiga model bisnis periklanan online di atas, tentu ada lagi model-model kombinasi atau model bisnis yang benar-benar baru ke depannya.
Mana yang paling baik dari ketiga model bisnis di atas?
Jawabannya tergantung jenis campaign dan produk/layanan yang diiklankan, dan juga tergantung perilaku pengunjung website/blog tempat iklan dipasang. Tentang hal ini, saya akan upayakan bahas di posting yang lain.
0 comments:
Posting Komentar
You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)