SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Identitas dunia maya


Sebagai bagian dari perkembangan IT yang luar biasa begitu pesat, kehadiran internet beserta situs atau konten yang ada didalamnya, bukan saja telah melahirkan perubahan perilaku orang per orang, tetapi juga perubahan ditingkat kelompok, dan bahkan dalam skala yang semakin menggelobal.

Didalam masyarakat sekarang perkembangan teknologi cyberspace telah melahirkan  berbagai perubahan dan setidaknya terdapat tiga tingkat pengaruh, pertama ditingkat individual, kedua ditingkat antar individual dan ketiga, ditingkat masyarakat.

Pada tingkat individu telah menciptakan berbagai perubahan mendasar terhadap pemahaman kita tentang identitas. Setiap individu dalam dunia virtual dapat membelah pribadinya menjadi pribadi yang tidak terhingga banyaknya, sehingga tejadinya permainan identitas, identitas baru, identitas palsu, identitas ganda, yang bisa saja sama atau berbeda dengan identitas social di dunia nyata.

Pada tingkat interaksi social, kehadiran internet telah melahirkan semacam deteritorialisasi social, artinya interkasi social tidak dilakukan didalam sebuah ruang territorial yang nyata, tetapi di dalam sebuah halusiansi territorial, seseorang bisa saja sangat intim dengan orang lain di dunia maya ada belahan dunia lain tanpa pernah sekali pu bertemu, ketimbangn saudara kandung atau tetangganya sendiri.

Pada tingkat komunitas, kehadiran cyberspace dapat menciptakan satu model komunitas demokratik dan terbukka yang disebut Rheingold dengan istilah :komunitas imajiner”.

Nanti artikel nya kita sambung lagi,,, soalnya belum beres...

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Rabu, Desember 31, 2014
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media