SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Masyarakat Kapitalis

Masyarakat Kapitalis
Yang dimaksud masyarakat kapitalis adalah masyaraat hidup dengan sisitem ekonomi yang didasarkan pada pemilikan pribadi atas sarana produksi dan distribusi untuk kepentingan pencaraian laba pribadi kearah pemupukan modal melalui prinsip-prinsip persaingan bebas.
Masyarakat kapitalis muncul bersamaan dengan terjadinya revolusi industry sekitar abad XVII dan Abad XVII. Menurut karlx Max, didalam masyarakat kapitalis , pola perilaku ekonomi bukan sekedar usaha pencarian keuntungan , tetapi lebih dari itu.

Kapitalisame adalah suatu sistem ekonomi yang memungkinkan beberapa individu mengausai sumber daya produktif vital yang mereka gunakan untuk meraih keuntungan maksimal. Max menyebut para individu itu sebagai kaum borjuis. Kaum borjuis ini memperkerjakan sejumlah besar buruh yang disebut kaum proletar.

Didalam masyarakat kapitalis , warga masyarakat diintegrasikan oleh pranata ekonomi yang mengatur kerja sama secara sukarela atas dasar kontrak. Didalam masyarakat kapitalis, tempat pekerjaan warga masyarakat berpindah dari rumah-rumah pribadi ke pabrik-pabrik.

Hubungan personal diantara para pengusaha kecil dengan pembantu-pembantunya yang dulunya masih banyak terjadi, kini mulai memudar dan diganti dengan hubungan tidak langsung yang impersonal acapkali bersifat eksploitatif. Pada masyarakat tipe ino, tingkat teknologi , pengetahuan , dan adapptasi terhadap lingkungan tinggi.

Didalam proses produksi, tujuan utama yang dikejar adalah meningkatkan kegiatan penjualan dan pemasaran , serta mendorong pengembangan sector jasa. Seperti dikatakan Light, Keller , Dan Chalhoun, ciri masyarakat kapitalis adalah penumukan modal, penciptaan modal, dan ekspanisionisme.

Kegiatan Ekonomi yang paling utama pada masyarakat kapitalis terjadi di pabrik dan paar. Barang produksi dalam jumlah besar  dan diperjualbelikan di pasar bebas. Pada masyarakat kapitalis rasionalisasi dan komersialisasi telah mencapai puncaknya.

Motivasi para produsen untuk memproduksi barang bukan karena pertimbangan manfaatnya, tetapi lebih pada kepentingan untuk memperoleh uang. Didalam masyarakat kapitalis modern atau masyarakat industry adalah suatu ekonomi produksi untuk dijual atau ekonomi di mana produksi untuk dijual lebih di prioritaskan dari pada produksi untuk dipakai.

Di dalam masyarakat kapitalis , produksi barang berlipat ganda, kekayaan terakumulasi dalam tangan kaum pemilik modal besar, tetapi nasib kaum buruh acapkali malah bertambah buruk. Seperti dikayakan Marx, di dalam masyarakat kapitalis yang muncul adalah ekspolitasi dan alienasi. Menurut Max , alienasi adalah kondisi yang bersfat patologis.

Ketika para pekerja atau kaum buruh teralisasi, maa mereka tidak memperoleh makna dan kepuasaan dari kerja mereka: frustasi dan mengalami dehumanisasi. (http://irwanteasosial.blogspot.com/)







Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Kamis, Februari 19, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media