SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Struktur sosial Pada Masyarakat Industri

Struktur sosial Pada Masyarakat IndustriHal yang menjadi dasar utama dalam stratifikasi social pada masyarakat industry adalah kemampuan ekonomi (kekayaan). 

Kekuasaan sangat ditentukan oleh penguasaan iptek, keterampilan yang professional , jenis pekerjaan yang ditekunii, dan jabatan atau kekuasaan yang dimiliki.




Berdasarkan keahlian  dalam pekerjaan , dapat disusun stratifikasi social sebagai berikut.

  1. Golongan elite meliputi orang-orang kaya dan orang-orang yang menempati kedudukan/pekerjaan yang oleh masyarakat sangat dinilai/dihargai yaitu pengusaha kolongmerat, pejabat tinggi Negara , serta para pemimpin tertinggi parpol dan ormas.
  2. Golongan Profesional , yaitu para ahli dalam bidangnya masing-masing , berpendidikan setaraf sarjana (berijazah/bergelar).
  3. Golongan semiprofessional , meliputi para pegawai kantor, pedagang, teknisi yang berpendidikan menengah dan setaraf diploma.
  4. Golongan skill (tenaga terampil). Meliputi orang-orang yang mempunyai keterampilan mekanis , teknisi, dan kapster.
  5. Golongan semiskill (semiterampil), missal burh pabrik, pelayan toko dan pelayan restoran.
  6. Golongan unskill (tenaga kerja yang tidak terlatih/tidak terdidik), misalnya pembantu rumah tangga , tukang kebun, pasukan kuning (pegawai kebersihan jalan), pedagang asongan.


Hal yang menjadi dasar utama dalam stratifikasi social pada masyarakat industry adalah kemamuan ekonomi (kekayaan). Kekuasaan sangat ditentukan oleh penguasaan iptek, keterampilan yang professional, jenis pekerjaan yang ditekuni, dan jabatan atau kekuasaan yang dimiliki. Wasalam (www.irwanteasosial.com).*****

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Kamis, Maret 19, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media