SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

9 Pesan Chairul Tanjung AGar Sukses Jadi Pengusaha

Berikut Ini tips Sukses jadi Pengusaha Dari Chairul Tanjung (CT)

1. Bekerja lebih.

Kita harus mampu bekerja keras, Menurut CT ada empat cara kerja lebih yaitu : Lebih keras, lebih lama, 
Bekerja lebih keras ini membuahkan hasil daripada orang biasa yang bekerja hanya 8 jam sehari. Kerja lebih efektif dua kali lebih dibandingkan dengan orang biasa, yang hanya ke kantor membaca koran, buka internet, telpon-telponan dan lainnya yang tidak efektif. Dan lalu  adalah bekerja lebih cerdas. Yaitu dengan membaca buku lebih banyak dari orang lain, diskusi lebih banyak sehingga bisa dua kali lebih cerdas dari orang biasa. Tanpa bekerja yang lebih tersebut, kita akan jadi biasa-biasa saja. Itulah yang membuat kita berbeda dengan orang lain.

2. Modal paling utama seorang pengusaha adalah kepercayaan.

Pesan CT bahwa kunci sukses menjadi pengusaha adalah kepercayaan.  Jangan cidera janji, jaga kepercayaan, jaga sungguh-sungguh nama baik.
Boleh uang Anda habis, modal Anda habis, tapi jangan sampai kepercayaan Anda habis di mata orang lain.

3. Miliki motivasi yang kuat.

CT bercerita bahwa awal ia ingin menjadi pengusaha adalh ingin membantu orang tuanya dan menghidupi adik-adik dan keluarganya, itulah motivasi yang kuat untuk ia menjadi pengusaha.

4. Uang bukanlah modal utama pengusaha

Jika ada yang ingin menjadi pengusaha lalu berpikir harus mempunyai modal uang yang cukup banyak adalah pola pikir dan mental yang tidak cocok untuk jadi pengusaha. Modal harus punya tapi tidak selalu uang, menurut CT. Ada banyak hal selain uang yang bisa dijadikan modal, seperti jaringan, kepercayaan dan kejujuran, itulah adalah modal-modal yang harus dipunyai pengusaha.

5. Jika diperlukan partner bisnis, carilah partner yang cocok

CT memberikan tips, bila memang bisnis bisa ditangani sendiri, maka menjadi lone ranger bisa dipilih. Namun kalau butuh bantuan, maka cari lah mitra yang cocok. Carilah mitra yang dapat memberikan manfaat untuk bisnis kita, mitra yang dapat memberikan nilai tambah.Mencari mitra atau partner bisnis haruslah cermat. Jangan sampai mitra menjadi beban dan menghambat laju bisnis.

6. Bersahabatlah dengan kegagalan

CT pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis, bahkan gagal menurutnya adalah sahabat dan makanan sehari-harinya serta menjadi bagian kehidupannya. Menjadi seorang pengusaha tak lepas dari kata gagal dan jatuh. Jika seorang pengusaha tidak pernah mengalami kegagalan, maka dia bukan pengusaha. Karena bila tak pernah gagal, maka orang itu tak pernah mencoba. Menghadapi kegagalan, tergantung bagaimana kita menyikapi itu. Gagal bangkit lagi, gagal bangkit lagi, gagal bangkit lagi. Terus begitu sampai gagalnya bosan.

7. Berprestasilah di bisnis, akademi dan organisasi
Bagi yang masih kuliah, CT berpesan di masa kuliah ini, jadikanlah kesempatan untuk belajar berbisnis. CT saat kuliah dulu berhasil meraih dalam 3 hal yaitu sukses di bisnis, berprestasi di akademi dan berprestasi di organisasi. CT sejak kuliah sudah memiliki bisnis sehingga ia tidak tergantung uang dari orang tua. 

8. Jangan alergi dalam persaingan

Persaingan dalam dunia bisnis adalah mutlak ada. Persaingan akan membuat bisnis kita lebih maju dan berkembang. Makin berkembang usaha kita, maka persaingan akan semakin ketat. Kunci untuk menghadapi persaingan adalah dengan tidak alergi terhadap persaingan dan targetnya hanya satu: menang! Menang dalam persaingan dapat kita raih dengan inovasi harga dan produk, memberikan pelayanan lebih baik kepada pelanggan.

9. Bergaullah dengan pengusaha sukses

Untuk dapat bergaul dengan pengusaha yang sukses, kita harus banyak aktif mengikuti komunitar/organisasi pengusaha yang ada. Lalu untuk bergaul dengan pengusaha yang tingkat di atas kita atau dengan jaringan konglomerat, tidaklah dengan cara yang instan, mesti ada prosesnya dan gigih ikhtiarnya. Caranya bergaul dengan tingkat sesama dan tingkat yang sedikit di atasnya. Secara perlahan-lahan, kita harus berusaha menjadi champion alias pemenang dalam pergaulan di tingkat sesama sehingga bisa naik ke tingkat berikutnya. Setelah itu lakukan hal yang sama berulang-ulang sampai naik ke tingkat yang paling tinggi.

Demikianlah pesan Chairul Tanjung yang saya kutif dari berbagai sumber , semoga bermanfaat. Good Luck (www.irwanteasosial.com).***********

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Rabu, Maret 18, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 comments:

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media