SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Pengertian Industri

Pengertian Industri
Industri merupakan salah satu poko bahsan utama dan rumit yang  banyak dibicarakan dalam sosiologi  pembangunan,  indusrti ialah  suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang  setengah jadi  menjadi barang jadi  yang memiliki nilai tambah  untuk mendapatkan  keuntungan . Usaha  perakitan atau  assembling dan juga  reparasi adalah bagian dari  industri. Hasil Industri  tidak  hanya berupa barang, tetapi juga dalam  bentuk jasa (perdana Ginting 2008:26)

Industri dalam arti luas , industry yang berkaitan  dengan teknologi , ekonomi perusahaan dan orang-orang yang terlibat  didalamnya telah sangat  mempengaruhi masyarakat . Pengaruh tersebut bisa berupa nilai-nilai , pengaruh  fisik terhadap masyarakat dan  usaha industrial inverest group untuk  mempengaruhi masyarakat (Parker, 1990;96-97).

Banyak yang menyatakan  bahwa indusrti  itu mempunyai peranan  sebagai sektor (leadning sector). Leading sector ini maksudnya adalah  dengan adanya pembangunan industry maka akan  memacu dan mengangkat sektor-sektor lainnya, seperti sektor pertanian dan sektor  jasa, misalnya pertumbuhan industry yang sangat pesat akan merangsang pertumbuhan sektor  pertanian untuk menyediakan  bahan-bahan baku bagi industri. Sektor jasa pun berkembang dengan adanya industrialisasi tersebut, misalnya  berdiri lembaga-lembaga  keuangan , lemaga-lembaga pemasaran/periklanan dan sebagainya yang  kesemuanya itu nanti akan mendukung lajunya pertumbuhan industry (Edi Suharto, 2007:23).

Menurut undang-undang tentang perindustrian bab 1 pasal 1 sub pasal 2  yang dianamakan indusrti adalah kegiatan ekonomi yang  mengolah bahan baku,  bahan mentah, barang setengah jadi  atau barang jadi, menjadi barang  dengan nilai  yang lebih tinggi untuk  penggunaannya , termasuk kegiatan rancang bangun dari  perekayasaan industri.


Industri dalam arti luas adalah segala kegiatan umum yang memanfaatkan sumber daya, dalam arti sempit  yaitu industry dalam kegiatan  ekonomi yang mengolah bahan mentah  menjadi baha jadi, setengah  jadi  (manufacturing industry). Indusrti ditekankan  pada barang yang diasilkan oleh industry yang dapat menjadi barang  yang mempunyai nilai  tambah dan  keuntungan yang besar (Sumatmaja:198:179).

Dengan demkian maka industri dapat  diartikan sebagai satu usaha peningkatan kualitas produk dengan teknologi maupun sumber daya  manusia ke  arah yang lebih baik guna menciptakan kesejahteraan  masyarakat , terutama sektor perekonomian.




Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Rabu, April 01, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media