SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Definisi: Sosiologi Ekonomi

Salah satu cabang ilmu sosiologi yang dikenal oleh masyarakat adalah cabang ilmu  sosiologi ekonomi.

Sosiologi ekonomi merupakan pengembangan dari dua disiplin ilmu dasar yaitu ilmu sosiologi dan ilmu ekonomi. Kedua disiplin ilmu itu bergabung dan mebciptakan sebuah kajian baru dibidang ilmu pengetahuan dan menciptakan analisa baru tentang ilmu ekonomi yang berdasarkan sudut pandang sosologis atau perilaku manusia.

Secara sederhana, sosiologi ekonomi dapat di definisikan sebagai ilmu pengetahuan mengenai fenomena ekonomi dalam sudut pandang sosiologi.

Namun, secara lengkap sosiologi ekonomi dapat didefinisikan sebagai penerapan kerangka acuan, variabel dan penjelasan mengenai pola-pola sosiologi yang menyangkut aktifitas produksi, distribusi, pertukaran serta konsumsi barang dan jasa.

Sosiologi Ekonomi adalah sebuah istilah yang digunakan Weber dan diperkenalkan oleh Durkheim, secara sederhana dapat di definisikan sebagai penerapan perspektif sosiologi untuk mengamati fenomena ekonomi.

Definisi serupa yang lebih lengkap mengartikannya sebagai penerapan kerangka acuan, variabel dan penjelasan mengenai pola-pola sosiologi yang menyangkut aktifitas produksi, distribusi, pertukaran serta konsumsi barang dan jasa.

Pengertian Sosiologi Ekonomi dapat dilihat dari 2 segi, yaitu :

(1) Pengertian Sosiologi Ekonomi adalah suatu kajian yang mempelajari hubungan antara masyarakat, yang di dalamnya terjadi suatu interaksi sosial dengan ekonomi. Dalam hubungan itu dapat kita lihat bagaimana masyarakat mempengaruhi ekonomi dan bagaimana ekonomi mempengaruhi masyarakat.

(2) Pengertian Sosiologi Ekonomi adalah suatu pendekatan sosiologis yang diterapkan pada fenomena ekonomi.

Dari pengertian sosiologi ekonomi yang pertama dapat dipahami sosiologi ekonomi mengkaji bagaimana masyarakat mempengaruhi ekonomi dan bagaimana masyarakat dipengaruhi oleh ekonomi. Wasalam (www.irwanteasosial.com).***

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Kamis, Mei 28, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media