SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Pengaruh stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat

Pengaruh Stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat
Pengaruh Positif Stratifikasi

  1. Dengan adanya stratifikasi sosial , setiap orang akan menyadari di strata mana ia berbeda. Ia akan menjalani hidup sesuai stratanya.
  2. Stratifikasi dalam kedinasan akan mempermudah golongan atas memegang kekuasaan ntuk mendistribusikan tugas dan wewenang serta sebagian hak-haknya kepada aparat/pegawai dibawahnya.
  3. Stratifikasi dapat digunakan untuk mempersatukan berbagai golongan dan menggalang massa untuk mendukung misi perjuangan agar dapat tercapai/menang.
  4. Stratifikasi Mampu mendorong dan menggerakan dinamika kehidupan masyarakat di semua lapisan, terutama dalam bidang politik, ekonomi, sosial. Dan pendidikan.
  5. Stratifikasi Sangat berpengaruh dalam kehidupan politik, jenjang kekuasaan dan birokrasi pemerintahan. Melalui jalur birokrasi penguasa dapat menyampaikan perintah/kebijakannya sampai lapisan terbawah dan sekaligus dapat mengontrol pelaksanaan perintahnya di lapangan.

Pengaruh Negatif stratifikasi


  1. Sistem stratifikasi yang hierarkis formal (birokrasi) dapat dimanfaatkan oleh penguasa yang otoriter untuk menindas rakyat.
  2. Bagi warga masyarakat , stratifikasi kehidupan ekonomi dan sosial yang tajam akan menimbulkan kesenjangan sosial dan memeperlebar jarak antara lapisan atas dengan lapisan bawah.
  3. Sistem stratifikasi akan menimbulkan persaingan yang tajam bagi semua lapisan untuk mendapatkan kebutuhan pokok, lapangan kerja, pendidikan, kesehatan, dan status sosial yang baik.
  4. Sering kali kebijakan penguasa merugikan golonga kelas bawah. Misalnya penggusuran pemukiman atau pedagang kaki lima untuk membangun taman atau tempat rekreasi yang cenderung dimanfaatkan oleh kalangan menengah atas.
  5. Stratifikasi sosial kadang-kadang berpegaruh terhadap pelayanan public kepada golongan bawah, dengan sikap pelayanan yang diskriminatif.

Pengaruh stratifikasi Terhadap Peluang Hidup dan Kesehatan.

Orang-orang kaya dan rang miskin memiliki kesempatan hidup yang berbeda. Seseorang yang berasal dari keluarga miskin, sejak dalam kandungan telah mengalami gangguan kurang gizi dan kurang perawatan kesehatan.

Hal ini dapat mengakibatkan tingginya angka kematian ibu atau bayi saat proses kelahiran. Berbeda dengan orang-orang yang berada pada kelas ekonomi menengah atas mereka pastinya memiliki jaminan kesehatan dan konsumsi gizi yang cukup sangat menentukan peluang seseorang untuk dapat menikmati hidup yang lebih baik.

Pengaruh stratifikasi terhadap Selera Makanan dan Minuman

Pengaruh stratifikasi sosial terhadap selera makan dan minum lebih banyak dipengaruhi oleh tingkat sosial ekonomi sdan keluasan pengalaman serta pergaulan mereka. Warga masyarakat kelas atas biasanya terdiri dari orang-orang kaya menyuki makanan dan minuman impor.

Jika makan pastinya lebih memilih kelestoran yang menurut mereka lebih bersih dan eksklusif tempatnnya, orang-orang lapisan kelas bawah lebih suka menikmati makanan yang merakyat seperti pecel, gado-gado, nasi goring dlln. Dan mereka lebih warung pinggiran jalanan. Dimana tempat tersebut menurut orang kaya tidak bersih , baik secara tempat maupun makanannya. Wasalam (www.irwanteasosial.com).****

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Senin, Mei 11, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media