SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Pemikiran Auguste Comte

Auguste Comte (Nama panjang: Isidore Marie Auguste François Xavier Comte; lahir di Montpellier, Perancis, 17 Januari 1798 – meninggal di Paris, Perancis, 5 September 1857 pada umur 59 tahun) Comte lahir di Montpellier, sebuah kota kecil di bagian barat daya dari negara Perancis. 

Setelah bersekolah disana, ia melanjutkan pendidikannya di École Polytechnique di Paris. École Polytechnique saat itu terkenal dengan kesetiaannya kepada idealis republikanisme dan filosofi proses. Pada tahun 1816, politeknik tersebut ditutup untuk re-organisasi. Comte pun meninggalkan École dan melanjutkan pendidikannya di sekolah kedokteran di Montpellier.



Auguste Comte merupakan bapak sosiologi yang pertama memberi nama pada ilmu tersebut (yaitu dari kata socius dan logos) Walaupun dia tidak menguraikan secara rinci masalah-masalah yang menjadi objek sosiologi , dia mempunyai anggapan bahwa sosiologi terdiri dari dua bagian pokok, yaitu social statistics dan sosial dynamics.

Sebagai social statistic , sosiologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik anatar lembaga-lembaga kemasyarakatan.  Sementara social dynamics meneropong bagaimana lembaga tersebut berkembang dan mengalami perkembangan sepanjang masa. Perkembangan tersebut pada hakikatnya melewati tiga tahap, sesuai dengan tahap-tahap perkembangan pikiran manusia, yaitu dianataranya sebagai berikut.

Tahap teologis 
 tahap ini merupakan tingkat pemikiran manusia yang beranggapan semua benda di dunia ini mempunyai jiwa dan itu disebabkan oleh sesuatu kekuatan yang berada diatas manusia. Cara pemikiran tersebut tidak dapat dipakai dalam ilmu pengetahuan karena ilmu pengetahuan  bertujuan untuk mencari sebab serta akibat dan gejala-gejala 

Tahap Metafisik
pada tahap ini manusia percaya bahwa gejala-gejala di dunia ini disebabkan oleh kekuatan-kekuatan yang berada diatas manusia. Manusia belum berusaha untuk mencari sebab dan akibat gejala-gejala tersebut.

Tahap positif
Pada tahap ini menurut comte merupakan dimana tahap manusia telah sanggup untuk berpikir secara ilmiah. Pada tahap ini berkembanglah ilmu pengetahuan.

       
Menurut comte , masyarakat harus diteliti atas fakta-fakta objektif dan juga menenkankan pentingnya penelitian penelitian perbandingan antara pelbagai masyarakat yang berlainan. 

Berikut ini adalah hasil karya-karya Comte
  1.  The scientific Labors Neccessary of The Reorganization of Society (1822)
  2. The Positive Philosophy (6 jilid 1830-1840)
  3. Subjective Synthesis (1820-1930).

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Sabtu, Februari 14, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media