SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

masyarakat Sederhana (masyarakat pedesaan)

masyarakat Sederhana (masyarakat pedesaan)
Masyarakat desa adalah masyarakat comumunity (masyarakat setempat) artinya suatu kelompok tutorial yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan hidup di suatu wilayah sesuai dengan tingkat peradabannya. Adapun karakteristik masyarakat desa antara lain :

Pertama Pola hidup . Pada umumnya masyarakat desa serta hubungannya dengan alam , mata pencaharian tergantung pada alam, hidup sederhana , rukun dan gotong royong.


kedua  Masyarakat religius/ Animisme/Dinamisme. Masyarakat desa masih sangat patuh terhadap agama dan kepercayaan yang dianutnya. Masyarakat desa sebgaian besar masih bertautan dengan adat istiadat, kaidah kuno, benda-benda gaib atau magic yang mereka tidak pernah meninggalkan ritualnya karena takut akan sanksi atau hukuman. Hal ini seperti diturunkan dari generasi kegenerasi sehingga sampai batas waktu yang tidak tentu akan terus mekar.

Ketiga Mata pencaharian masyarakat desa sebgaian besar hidup dengan mata pencaharian agraris , selain darai pada itu bagi mereka yang pemberani  merantau kekota besar untuk mencari nafkah . Hal ini didorong oleh adanya keinginan untuk mengubah nasib mereka keraha yang lebih baik erta meningkatkan status mereka di masyarakat secara ekonomi.

Mengapa manusia bermasyarakat?
  
mengapa manusia hidup bersama (berkelompok Ibnu Khaldun memberikan alasan bahwa manusia ingin hidup secara bersama karena tiga alasan yaitu alasan ekonomi alasan keamanan dan alasan ootoritas.
   

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Selasa, Maret 10, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media