SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Fungsi Paragraf dalam Sebuah Tulisan

Menurut Wishon Within a composition, each paragraraph has a definite junction A paragraf may serve purpose of introducing , developing , or summarizing. Berdasarkan pendapat tersebut, paragraf dibagi menjadi tiga macam, yaitu paragraf pembuka, paragraf pengembang dan paragraph penutup.

1.Paragraf Pembuka.
Fungsi Paragraf dalam Sebuah TulisanParagraf pembuka berfungsi mengantar topic atau permasalaan yang akan dipersoalkan dalam paragraph tersebut. Paragraf ini penting sekali karena untuk menarik pembaca.


McCrimon menjelakan bahwa introductory paragraphs are usually one two type, or sometimes a blend of the two: suggestions of what you intend to do in eay, or attention-getting devices that engage you reders’ interest. 



Adapun cara menarik minat pembaca ialah dengan kutipan, peribahasa, anekdot, membatasi arti subjek tersebut, menunjukan maksud dan tujuan tulisan dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan (menurut Kerap).

2. Paragraf Pengembang.
Paragraf pengembang terletak diantara paragraf pembuka dan paragraf penutup. Selain memuat penjelasan gagasan yang dikemukakan oleh penulis, paragraph ini pun berfungsi sebagai a signal of a change in content (McCrimmon). Paragraf ini merupakan inti suatu karangan. (the main of the composition)

3. Paragraf Penutup.
Paragraf penutup adalah paragraf yang yang mengakhiri suatu tulisan. Paragraf ini mengemukakan simpulan dari paparan pada paragraph pengembang. Karena paragraf ini merupakan penutup maka sebaiknya paragraf ini menciptakan suatu kesan untuk pembaca. Dengan kata lain ‘’Yes, that is what it is all about.”   Wasalam (www.Irwanteasosial.com)...******

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Kamis, Maret 12, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

3 comments:

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media