SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Karl Mannheim (1893-1947)

Karl  Mannheim (1893-1947)
Karl Mannheim mula-mula adalah seorang guru besar Universitas Fankfurt-am-Main di jerman . Kemudian ia pindah dan menetap di Inggris di mana beliau menjadi guru besar pada Unversitas London.

Mannheim telah banyak menyumbangkan buah pikirannya bagi perkembangan sosiologi. Anatara lain dipeloporinya suatu cabang sosiologi , yang dinamakannya sosiologi pengetahuan, yang khususnya menelaah hubungan antara masyarakat dengan pengetahuan. Kemudian, teorinya yang sangat terkenal adalah mengenai krisis.

Akar segenap pertentangan yang menimbulkan krisis terletak dalam ketegangan-ketegangan yang timbul di semua lapangan kehidupan karena asas laissez faire berdampingan dengan asas-asas yang baru dalam kehidupan ekonomi. Ini berlaku pula bagi lapangan-lapangan kehidupan lainnya.

Pertimbanga-pertimbangan dalam masyarakat berkembang menurut asas yang baru, dan dalam hal ini manusialah yang harus memberi bentuk kepada perimbangan-erimbangan baru tadi. Akan tetapi hal ini manusia gagal melakukannya .Inilah yang menyebabkan krisis.

Menurut Mannheim yang sangat perlu adalah diadakannya suatu planning for freedom, yaitu semacam perencanaan yang diawasi secara demokratis dan menjamin kemerdekaan aktivitas-aktivitas individu, maupun kelompok manusia, didalam maupun diluar rangka perimbangan-perimbangan tersebut diatas.

Dalam rangka planning for freedom tersebut, Mannheim merintis pembentukan The Internstional Library of Sociology and Social Reconstruction yang bertujuan untuk menelaah (secara ilmiah). Persoalan-persoalan ekonomi dan perencanaan sosial yang merupakan persoalan penting dewasa ini
.
Hasil-hasil karya dari Karl Mannheim yang terkenal adalah antara lain :

  1. Ideology and Utopia (1929)
  2. Man and Society in an Age Of Reconstruction (1940)
  3. Diagonis  of Our Time (1943)


(www.irwanteasosial.com)

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Sabtu, Maret 28, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media