SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Tokoh Sosiologi Ferdinand Tonnies

Ferdinand Tonnies terkenal dengan teorinya mengenai Gemeinschaft dan Gesellschaf sebagai dua bentuk yang menyertai perkembangan kelompok-kelompok social. 

Gemeinschaf (paguyuban) adalah bentuk kehidupan bersama diama angota-anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta bersifat kekal.

Dasar hubungan adalah rasa cinta dan rasa persatuan batin yang bersifat nyata dan organis sebagaimana dapat diumpamakan pada peralatan hidup tubuh manusia atau hewan. Bentukk Gemeinschaft terutama dapat dijumpai di dalam keluarga, kelompok kekerbatan, rukun tetangga dan sebagainya.

Gesellschaft (patembayan) merupakan bentuk kehidupan berama yang merupakan ikatan lahir yang bersifat pokok dan biasanya untuk jangka waktu yang pendek. Gesellschaft bersifat sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka, serta strukturnya bersifat mekanis sebagaimana data diumpamakan pada sebuah mesin.

Bentuk Gesellschaft, misalnya, terdapat pada organisasi pedagamg , organisasi suatu pabrik atau dapat pada suatu organisasi industry dan seterusnya.

Hasil karya Ferdinand Tonnies

  1. Gemeinschaft und Gesellschaft (1887). Custom (1909)
  2. Sociological Studies and Criticism ( 3jilid, 1952)
  3. Introduction to Sociology (1937) dan lain-lain.


Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Jumat, Maret 27, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media