SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Max Weber Biografi Singkat dan Pemikirannya

Nama lengkapnya Maxilian Weber. Pada usia kelima tahun, weber dan keluarganya pindah dan menetap di Berlin jerman.

Weber berasala dari keluarga menengah ke atas. Keda orang tuanya memliki latar belakang dan kencenndrungan berbeda, dan itu yang membentuk karakter pemikiran Weber.

Ayahnya adalah seorang birokrat yang menempati posisi strategis dalam pemerintahan Sedangkan ibunya adalah seorang Calvinisme saleh.





 Pada usia 18 tahun, Weber meninggalkan rumah untuk sementara waktu dan melanjutkan studinya di Universitas Heidelberg.

Saat perang dunia I, Weber ikut dinas militer. Tahun 1884 kembali kuliah di universitas Berlin. Setelah 8 tahun, lulus, menjadi pengacara dan pengajar di universitas.

 Weber mendapatkan gelar doktor dari Universitas Berlin, menjadi ahli hukum dan salah satu dosen di universitas tersebut. Selain itu, ia juga mendalami bidang ekonomi, sejarah dan sosiologi.

Pada tahun 1896, ketekunannya dalam bekerja menghantarkan dirinya pada posisi profesor ekonomi Universitas Heidelberg. Mengikuti jejak ibunya, Weber menjadi seorang yang asketis dan rajin (baca: pekerja keras).

Seelama hidupnya Max Weber telah banyak menghasilkan karya diantaranya sebagai berikut; 

Die protestantische Ethik und der ‘Geist’ des Kapitalismus/The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism, Wirtschaft und Gessellschaft/Economy and Society 1920, Gessamelter Aufsatze zur Religionssoziologie/Sociology of Religion 1921, The Theory Social and Economic and Organization, General Economi History, From Max Weber; Essay in Sociology

Tokoh-tokoh yang mempengaruhi Max Weber adalah,

  1. Karl Marx, 
  2. Imanuel Kant, Nietzsche 
  3. Wilhelm Dilthey. 
Banyak teori-teori yang disumbangkannya bagi sosiologi, seperti, teori etika protestan dan kapitalisme, rasionalisasi, tindakan social, birokrasi, sosiologi agama. Wasalam (www.irwanteasosial.com).***

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Selasa, Mei 19, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media