SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Mengintip Pendapatan Situs Media Online (Situs Berita)

Mengintip Pendapatan Situs Media Online (Situs Berita)
Sumber penghasilan Media Online (situs berita) sama halnya dengan  Blogger yaitu Google Adsense (GA). Bisnis Media sangat tergantung pada iklan  sebagai sumber pendapatan. Pasalnya situs-situs berita Seperti Detik, kompas,okezone, Republika mereka sama-sama mengandalkan iklan Google Adsense.

Sebenarnya masih ada cara lain bagi media online memperoleh pemasukan. Lewat penjualan konten via SMS. Namun, ini pun tidak berjalan mulus lantaran banyak pembaca lebih memilih situs berita tak berbayar.

Dalam sebuah diskusi di Bengkulu, Direktur Pengembangan Bisnis Kelompok Kompas Gramedia mengatakan, saat ini penghasilan iklan Kompas.com baru mencapai 2 persen dari pendapatan iklan media cetak. (Sumber)

Google membayar media online yang memasang iklan dari mereka dengan sistem perklik. Jika tidak ada pembaca yang tidak mengklik , maka media (situs berita) tidak mendapatkan pendapatan dari iklan yang dipasang disitus mereka.

Empat Sumber Pendaatan atau penghasilan Media Online

  1. Iklan 
  2. Sindikasi
  3. Pelanggan Berbayar
  4. Penjualan Konten
Namun yang paling banyak yang menampilakan Iklan Google Adsense yaitu situs detik, lihat saja penampakan iklannya di situsnya.

5 Situs Indonesia yang Berpenghasilan Besar  Google Adsense

  1. Kaskus -- penghasilan dari Google Adsense lebih dari US$13.000
  2. Detik.com --penghasilan yang di peroleh kisaran US$5.000
  3. Viva News -- Penghasilan Google Adsense sekitar US$4.100 
  4. Kompas -- Kisaran US$4.000
  5. Detik News -- Memperoleh minimal US$2.800 dari Google Adsense.

Traffic menjadi kunci sukses media online (situs berita),  dalam meraih pundi-pundi dolar lewat Google Adsense dan pengiklan.

Traffic adalah aktivitas pada satu halaman situs yang dihasilkan dari kunjungan pengguna internet dan aktivitas pengguna internet di halaman itu.

Semakin banyak sebuah situs dikunjungi dan semakin banyak aktivitas yang dilakukan pengguna internet di laman-laman situs itu, maka traffic situs itu semakin tinggi. Traffic itu seperti “penonton” pada stasiun televisi; “pendengar” pada stasiun radio; atau “oplah” pada media cetak. Wasalam (www.irwanteasosial.com).**

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Selasa, Mei 19, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

3 comments:

  1. itu penghasilan perhari perbulan atau pertahun

    BalasHapus
  2. source informasi penghasilan adsensenya dari mana mas? Informasinya kredibel tdk? Sy baca banyak info penghasilan google Adsense yang tidak benar alias ngarang. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://atjehpost.co/articles/read/10298/Darimana-Pendapatan-Media-Online

      Hapus

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media