SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Siapa pun Bisa Menjadi Wartawan

Siapa pun Bisa Menjadi WartawanKemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat membuat siapapun kini bisa menjadi seorang wartwan  modalnya hanya dengan
berbekal smart phone atau perangkat yang memiliki koneksi internet, siapa pun dapat saling berbagi informasi dengan menyebarluaskannya melalui blog, facebook, twitter, atau email .

Bahkan, tanpa harus kuliah atau kursus jurnalistik, asalkan terus menulis atau menuliskan
pengalaman, perasaan, pemikiran, ataupun yang dibaca, dilihat, dirasa, dan didengarnya, seseorang akan piawai menulis. Perkiraan saya, mayoritas wartawan bukan berlatar belakang jurnalistik  (?)



Tapi saya tidak bisa menulis ? Anda Bohong ! Soal “writing skill”, misalnya, itu “soal kebiasaan”. Bisa karena biasa. Lagi pula, soal “teori menulis”, wuih….. bejibun! Banyak tuh panduan praktis menulis,  Anda tinggal “mau”-nya aja, tinggal punya niat, ada motivasi.

Dan Anda juga tidak harus kuli tinta diperusahan media. Ada juga bisa menjadi pemilik sekaligus pengelola media. buat saja yayasan atau badan usaha legilitas media Anda yang berupa blog.

Aktivitas jurnalitik saat ini bukan lagi monopoli wartawan atau reporter media massa. Siapa pun bisa membuat berita dan menyebarluaskannya melalui blog, facebook, twitter, atau email (milis).

Dengan menjadi jurnalis di blog, facebook, atau twitter, Anda pun bisa membangun opini publik, bahkan “menggerakkan massa”. Tantangannya: mendatangkan pengunjung, teman, follower, sebanyak-banyaknya!

Profesi wartwan tidak kalah mulia dengan profesi dokter ataupun perawat. Jurnalis juga menolong orang, namun dalam hal yang lain. Jadi ada misi mulia yang luar biasa dari diri seorang wartwan.

 Bahkan, hebatnya jadi wartawan kita bisa mudah bertemu dengan pejjabat tinggi, bebas tilang dijalan raya, bisa gratis kemana-mana. bahkan bisa akrab dengan orang penting atau selebritis. Wasalam (www.irwanteasosial.com).***


Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Kamis, Mei 28, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media