SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Definisi Definisi dan Konsep Ilmu Politik

5 konsep ilmu politik menurut miriam budiharjo
Menurut Miriam Budiarjo, 5 politik (politics) pada umumnya adalah bermacam-macam kegiatan dalam suatu sistem politik (negara) yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan dari sistem itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu.

 Politik, adalah juga pembuatan keputusan (decision making) mengenai apa yang menjadi tujuan dari sistem politik, serta seleksi antara beberapa alternatif dan penyusunan skala prioritas dari tujuan-tujuan yang telah dipilih itu.

Selanjutnya, untuk melaksanakan tujuan itu perlu ditentukan kebijaksanaan umum (public policy) yang menyangkut pengaturan mengenai pembagian (distribution) atau alokasi (alocation) dari sumber- sumber yang ada. Disamping itu, untuk melaksanakan kebijaksanaan yang telah diputuskan, diperlukan kekuasaan (power) dan kewenangan (authority).

Cara-cara yang dipakai dapat bersifat persuasi (meyakinkan) atau coerci (paksaan). Sebab, tanpa unsur paksaan, kebijaksanaan hanya merupakan statement of intent (perumusan keinginan) belaka.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam ilmu politik, paling tidak terdapat 5 (lima) konsep pokok beserta pengertian singkatnya sebagai berikut :

1. Negara (state), yaitu suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan yang ditaati oleh rakyatnya.

2.Kekuasan (power), yaitu kemampuan seseorang atau suatu kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan pelaku.

3. Pengambilan keputusan (decision-making), yaitu proses pembuatan pilihan diantara beberapa alternatif, yang dilakukan secara kolektif.

4. Kebijaksanaan (policy, beleid), yaitu kumpulan keputusan yang diambil oleh seorang pelaku atau oleh kelompok politik dalam usaha memilih tujuan-tujuan atau cara-cara untuk mencapai tujuan itu.

5. Pembagian (distribution) atau alokasi (allocation) , yaitu pembagian dan penjatahan dari nilai-nilai (values) dalam masyarakat. Nilai atau value sendiri adalah sesuatu yang dianggap baik atau benar, sesuatu yang diinginkan, sesuatu yang mempunyai harga, yang dapat bersifat abstrak (kejujuran, kebebasan) atau konkrit (kekayaan). Wasalam (www.irwanteasosial.com).***

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Selasa, Juni 09, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media