SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Masyarakat Ekonomi Sosialis

Masyarakat Ekonomi Sosialis
Ilustrasi
Ketidak puasan dengan berbagai penderitaan, ketimpangan, ekonomi, dan ketidak adilan sebagai akibat berkembangan industrialisasi dan kapitalisme  telah melahirkan gerakan social diberbagai Negara Eropa abad XIX yang ertujuan merombak masyarakat kea rah persamaan hak dan pembatasan terhadap hak milik pribadi.

Masyarakat sosialis yang pertama muncul pada tahun 1917, ketika
Rusia diguncang Revolusi Bolshevik dan menjadi Uni Sovyet. Didalam masyarakat sosialis , segenap koordinasi ekonomi termask tingkat harga , gaji, dan jeis barang yang diproduksi, serta distribusinya ditentukan suatu badan pusat perencanaan.

Biasanya hal ini dilakukan oleh Negara.Pemilikan pribadi hamper ditiadakan. Kecuali barang-barang konsumsi.

Industrialisasi pada masyarakat sosialis dikontrol ketat oleh Negara. Hampir semua sector industry dan sebagaian sector  pertanian telah dinasionalisasi , dan orang-orang bekerja untuk Negara.

Dalam perkembanga terakhir era tahun 1990-an tanda-tanda keruntuhan masyarakat sosialis mulai dilihat para ahli. Sejak di Uni Sovyet, Gorbachev merupakan perestroika dan glasnost-nya dan runtuhnya tembok Berlin, ditengarai merupakan awal keruntuhan masyarakat sosialis dan pelan-pelan bergeser ke tipe masyarakat kapitalisme. (www.irwanteasosial.com)

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Senin, Maret 30, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media