SELAMAT DATANG | About Us | Contact | Register | Sign In

Media Berita Online di Indonesia

media online
Kehadiran media online melahirkan bentuk jurnalisme online atau dikenal juga dengan istilah cyber journalism atau web journalism.

Stovall (2004) mendefinisikan jurnalistik online sebagai jurnalisme di website, yang dianggap sebagai media berita dalam arti bahwa website memungkinkan adanya posting berita dan informasi. Aktivitas jurnalistik online ini melahirkan beragam berita yangdapat diakses pada media berita online oleh Netizen.

Di Indonesia terdapat lebih dari 26 media berita online yang dapat dimanfaatkan oleh para Netizen dalam memperoleh infomasi. 26 media berita online yang berhasil ditelusuri dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Media Berita Online di Indonesia
No.
MediaBerita Online
No.
MediaBerita Online
1
www.antaranews.co.id
14
www.kompas.com
2
www.bbc.co.uk/indonesian
15
www.kompasiana.com
3
www.beritabola.com
16
www.liputan6.com
4
www.beritasore.com
17
www.lintasberita.com
5
www.beritajakarta.com
18
www.merdeka.com
6
www.detik.com
19
www.metrotvnews.com
7
www.bola.net
20
www.okezone.com
8
www.goal.com
21
www.republika.co.id
9
www.inilah.com
22
www.surya.co.id
10
www.jaknews.com
23
www.swatt-online.com/
11
www.JPNN.com.
24
www.tempo.co.id
12
www.kapanlagi.com
25
www.tribunnews.com
13
www.kedaiberita.com
26
www.viva.co.id



Sumber: Hasil Penelitian 2013

Dari daftar tersebut terdapat 10 media berita online yang dianggap paling terkemuka dan populerdi Indonesia (Alexa, 2013), yaitu:

1.Detikcom. Detikcom adalah media berita online yang paling update saat ini, pada awalnya Detikcom hanya mengandalkan media online saja tetapi setelah Detikcom di akuisisi oleh Trans Corpora 3 Agustus 2011 maka Detikcom berada dalam kelompok CT Corp.

2.Kompas.com, merupakan media berita online di bawah Kelompok Kompas Gramedia (KKG). Pada awalnya keberadaan kompas.com digunakan untuk menunjang harian Kompas, tetapi saat ini kompas.com mampu menunjukan sebagai media online yang terdepan dalam pemberitaan tidak kalah dengan detikcom, bahkan pada 24 November 2011 Kompas.com memenangi silver award sebagai Best Newspaper Website di Asia oleh WAN-IFRA, sebuah asosiasi surat kabar dunia. Selain kompas.com KKG juga mempunyai portal

3.Merdeka.com. Merupakan media berita online yang memuat tentang Indonesia dan dunia. merdeka.commerupakan bagian darijaringan KapanLagi.com.

4.Viva.co.id. Media online ini termasuk baru yaitu didirikan 2008 tetapi saat ini termasuk media berita yangcukup populer. Berita-beritanya termasuk yangpalingcepat update.

5.Tribunnews.com, merupakan media berita online jaringan koran daerah yang dimiliki oleh Kelompok Kompas Gramedia (KKG).

6.Okezone.com. Situs berita di bawah bendera Media Nusantara Citra (MNC). Okezone mulai tersaingi dengan adanya media berita online baru Sindonews.com, dengan format yanghampirsama.

7.Tempo.co. Ini merupakan portal berita milik grup media Tempo. Selain tempo.co juga memiliki majalah Tempo dan koran Tempo. Tempo terkenal karena reportase yang dalam terhadap kasus tertentu.

8.Kompasiana.com. Kompasiana merupakan media warga terbesar (citizen media) terbesar di Indonesia. Setiap orang bisa menulis dan langsung menayangkan berita, opini ataupun karya fiksi di Kompasiana. Kompasiana adalah afiliasi Kompas.com, Kompas GramediaDigital Group.

9.Goal.com. Merupakan media berita online baru yang menyediakan berita sepak bola dan hiburan melalui internet. Konten tersedia dalam lebih dari 15 bahasa, dan menarik penggemardari lebih dari 215 negara.

10.Liputan6.com. Merupakan media berita online yang dikelola oleh PT. Surya Citra Media.

Media Berita Online Terpopuler di Indonesia
  • Detik
  • Kompas
  • Merdeka
  • Viva
  • Tribunews
  • Okezone
  • Tempo
  • Kompasiana
  • Goal
  • Liputan6
Kemunculan berbagai macam media berita online di Indonesia membuka akses informasi yang semakin terbuka bagi para Netizen untuk dapat memperoleh informasi dari berbagai versi pemberitaan. 

Firmanzah (2008) menjelaskan bahwa hadirnya informasi yang berbeda merupakan prasyarat dalam penciptaan masyarakat yang kritis. Apalagi dengan adanya kolom “Komentar” yang dapat dimanfaatkan oleh Netizen sebagai warga yang kritis. Sikap kritis ini diperlukan sebagai kontrol sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama untuk menyikapi berbagai permasalahan publik Sumber. Wasalam (www.irwanteasosial.com)

Posted by Irwantea Sosial
Irwantea Sosial Updated at: Selasa, Juni 09, 2015
Print Friendly and PDF
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

You comment, I'll visit back your blog. If you have one :)

jurnalisme warga

 
Romeltea Media